Trik Mengatasi Google Drive Yang Terkena Limit

Nah sobat yang mengupload file dari Google Drive pastinya pernah mengalami hal yang serupa dengan mimin yah. Dimana Google Drive merupakan situs / tempat berbagi file yang sangat populer yang memiliki kouta upload cukup besar dan speed yang terhitung sangat cepat.

Nasib yang serupa maksud mimin itu ketika file yang mau diambil malah mencapai batas tertentu  dengan demikian file tersebut akan terkunci dan akan mendapat pesan yang seperti dibawah ini :

“Sorry, you can’t view or download this file at this time. Too many users have viewed or downloaded this file recently. Please try accessing the file again later. If the file you are trying to access is particularly large or is shared with many people, it may take up to 24 hours to be able to view or downlad the file. If you still can’t access a file after 24 hours, contact your domain administrator”

Pesan dari Google Drive ini sangat mudah sekali ditemui pada situs-situs seperti website film atau pada file yang lagi Trending.

Contohnya file film yang banyak diakses ini mengakibatkan Limit Access di Google Drive. Dan terkadang bukan  web film saja melainkan web download game. Apalagi game-game terbaru.

Apakah Bisa Mengatasi Google Drive Yang Kouta Terlampaui?

Menurut mimin bisa..

Limit Google Drive
Limit Google Drive

Dari pesan limit yang mimin baca pada Google Drive, kita bisa mendownload file tersebut setelah 24 jam. Nah cara pertama yang mudah memang harus menunda sampai file tersebut bisa diakses / bisa dibuka / bisa didownload kembali.

Nah Masalahnya :

Dalam waktu 24  jam dalam artian 1 hari penuh bukanlah hari yang sedikit. Kita taulah kan “time is money” 😀 dan kita juga sedang terburu-buru untuk mendapatkan file tersebut.

Hal ini juga berlaku untuk orang-orang yang suka pakai kouta malam untuk menonton film. Apalagi ditambah seperti player lainnya seperti Mirror File yang tesedia seperti upt*b*x, M3g4, Uploa4d3d dan sejenisnya tidak secepat Google drive.

Hmmmm bisa-bisa waktu terbuang sia-sia…

Cara Lain apakah ada?

Nah sekarang mimin punya cara untuk mengatasinya. Mimin sendiri sering pakai cara ini dan selalu berhasil.

Caranya adalah memakai /menyalin file tersebut ke Drive yang kita miliki sendiri.

Caranya cukup mudah, yang penting sobat mempunyai akun Google drive yang masih aktif. Hal ini dilakukan untuk menjadikan tempat drive menyimpan file yang diinginkan saat terkena limit tadi.

Wah gimana caranya bikin akun google drive??

Caranya gampang kok sob, searching aja di google banyak amat yang sharing kok, hehe

Tips Triknya :

Silahkan Login Akun Gmail sobat.

  1. Cara Mengatasi Limit di Google Drive

Pada link download google drive, terdapat ID file yang berbeda-beda.

Disini kita akan menyalin ID file tersebut agar bisa dicopy ke Drive milik kita sendiri.

Pertama yang yang harus dilakukan kita hendaknya membuat agar mengarah ke halaman view file.

Contoh gambar :

 

Untuk caranya yakni :

Metode 1 (Dengan ID)

  1. Silahkan buka Link Google Drive yang terkena Limit tadi.

  • Contohnya: https://drive.google.com/uc?id=0B1wRVZcXRXAlTS02b1drYi12TkE&export=download

Pada tulisan yang ditandai dengan warna biru adalah ID dari file tersebut.

2. Copy ID tersebut dan jadikan seperti berikut :

  • https://drive.google.com/file/d/KODE ID/view

3. Jadinya :

  • https://drive.google.com/file/d/0B1wRVZcXRXAlTS02b1drYi12TkE/view

Nah jika sudah, buka alamat tersebut di browser sobat.

Metode 2 (Lebih Simpel)

Jujur menurut mimin cara diatas agak ribet untuk saya pribadi. Hal tersebut di karenakan saya harus mengetik terlebih dahulu secara manual kode viewnya..

Sehingga menghabiskan waktu.

Nah sekarang mimin kasih trik kedua supaya sobat bisa lebih mudah mengatasi limit di Google Drive dibandingkan dengan metode yang pertama.

Caranya :

  1. Cari file yang mau sobat download:

  • https://drive.google.com/uc?id=0B1wRVZcXRXAlTS02b1drYi12TkE&export=download

2. Ada bagian yang saya tandai dengan warna biru.. Lakukan hal sbg berikut :

  • Pada huruf uc ganti dengan open.

3. Jadinya seperti ini : https://drive.google.com/open?id=0B1wRVZcXRXAlTS02b1drYi12TkE

       4. Jika sudah, buka alamat tersebut di browser sobat

Note: Kalau tidak bisa, hapus bagian &Export=Download

Perlu sobat ketahui juga kalau cara 1 dan 2 itu fungsinya sama..

Yakni untuk me-reload halaman download ke halaman view file. Dimana pada halaman ini sobat bisa menambahkan file yang diinginkan pada drive sobat.

 

Cara Kedua Mengatasi Limit Google Drive :

  1. Pada tampilan layar view ini sobat bisa lihat ke bagian atas kanan, yakni ada logo Google Drive dengan tanda +. Klik logo tersebut untuk menambahkan file yang mau di download ke dalam drive sobat

2. Tunggu beberapa saat, jika sukses di add akan muncul pesan yakni “Added to My Drive” dan tampilannya  seperti ini :

3. Kemuadian, buka link berikut drive.gogle.com

Dan seperti yang sudah mimin bilang sebelumnya pastikan sobat sudah login ke akun Google sobat. Dengan begitu secara otomatis link tersebut mengarah ke dalam drive milik sobat.

  1. Kemudian pada bagian atas akan terlihat file yang telah sobat tambahkan tadi pada menu quick access.

Pada menu tersebut, klik kanan file yang ingin sobat download kemudian klik “Make a copy”. Berikut gambarnya :

Tolong tunggu beberapa saat, Google akan secara otomatis meng-copy file tersebut kedalam drive sobat. (Ditandai dengan nama “Copy / Salinan #nama-file#”).

Jika sudah, klik kanan file yang telah di copy, lalu klik Download. Tunggu scanning virus selama beberapa saat dan langsung klik Download Anyway (Jika nampil).

Selesai !

Catatan :

Catatan buat sobat yang menemui masalah ketika mengcopy file Google Drive “Failed to create file”. Hal ini disebabkan karena Kapasitas Drive Storage Pada Google Drive Sobat Penuh. Google drive hanya membatasi kapasitas sebanyak 15GB.

Jika sobat mengcopy file , tetapi kapasitas penyimpanan tidak cukup, maka proses mengcopy file akan jadi sangat lama dan diakhiri dengan gagal dalam penyalinan file.

Nah cara mengatasinya yakni dengan cara mendelete (menghapus file) yang sudah tidak di perlukan dari My drive milik sobat. Dengan cara klik kanan yang ingin filenya di delete kemudian klik remove.

Catatan buat sobat yang menemui masalah ketika mengcopy file Google Drive “Failed to create file”. Hal ini disebabkan karena Kapasitas Drive Storage Pada Google Drive Sobat Penuh. Google drive hanya membatasi kapasitas sebanyak 15GB.

Jika sobat mengcopy file , tetapi kapasitas penyimpanan tidak cukup, maka proses mengcopy file akan jadi sangat lama dan diakhiri dengan gagal dalam penyalinan file.

Nah cara mengatasinya yakni dengan cara mendelete (menghapus file) yang sudah tidak di perlukan dari My drive milik sobat. Dengan cara klik kanan yang ingin filenya di delete kemudian klik remove.

Selesai..

Sekian cara mengatasi Google Drive Kouta Limit. Semoga bisa membantu sobat jika download atau streaming di website ini terkena limit.

Sobat juga bisa request film dengan server yang berbeda selain google drive. Silahkan nanti kirimkan email ke [email protected] dengan ketentuan :

  • Judul Film
  • Tahun Film
  • Dan server yang mau di gunakan (oload, streamanggo, rapidvideo).

Terima kasih atas partisipasinya. Tanpa sobat website ini bukan apa-apa. 🙂